-->

Mau Kuliah, Tapi Bingung Pilih Jurusan? 4 Hal yang Perlu Kamu Pikirin Biar Gak Salah Jurusan!

Menjalani masa-masa sekolah sangatlah menyenangkan, banyak kenangan dan pertemanan yang selalu diingat. Namun hal itu hanya berlangsung selama tiga tahun. Untuk kamu yang sedang berada di fase bingung mau melanjutkan pendidikan dengan jurusan apa, ini dia tulisan yang bisa mengarahkan kamu untuk memilih jurusan yang tepat.

1. Pilih Sesuai dengan Keinginanmu


Ingat “keinginan-mu” bukan orang lain, karena kamu yang akan menjalani susah senangnya kehidupan di perkuliahan. Kalau kamu tidak menyukai jurusan itu, maka resiko terbesar adalah kamu meninggalkan tanggungjawab sebagai mahasiswa jurusan tersebut. Lalu, bagaimana jika kamu ngga tau apa yang kamu inginkan? Biasanya memang sesuatu yang diinginkan itu cenderung lebih banyak kamu pikirkan, dan ketika memikirkannya kamu akan merasa senang. Jadi cari jurusan yang membuat semangat kamu bergejolak bak rebusan air ya!

2. Jangan Ikut-ikutan Teman

Meskipun banyak teman kamu yang mengambil jurusan itu, bukan berarti kamu juga harus sama dengan mereka. Bahkan ketika banyak orang yang memilih jurusan tersebut, persaingannya akan lebih ketat. Jadi cari jurusan “paling kamu banget” sehingga kamu akan lebih mudah masuk jurusan tersebut, karena persaingan dari sekolah kamu juga tidak banyak.

3. Sesuai Dengan Perkembangan Zaman


Kamu tahu kan, kalau sekarang serba digital? Nah dari sini juga sudah bisa melihat peluang karir kedepannya, yang akan banyak diperlukan yaitu mengenai per-digital-an, misalnya analisis data, desain, programmer, dll. Ini bisa menjadi peluang buat kamu yang memang menjadikan kuliah sebagai jembatan untuk menuju karir yang kamu impikan.

4. Last option, Bertanya Kepada Orangtua

Pernah ngga terpikir kalau orangtua itu dapat menuntun kita mendapatkan masa depan yang lebih baik? Yap, aku percaya dengan tulisan itu. Terkadang kita benar-benar tidak mengetahui apapun yang kita inginkan, atau mau jadi apa nantinya maka bertanya kepada orangtua adalah salah satu solusi jitu. Meskipun nantinya kamu yang akan memilih jalan sendiri namun, ketika bertanya kepada orangtua dan melibatkannya, mereka akan sangat bahagia karena pendapat mereka dihargai dalam menentukan keputusan hidup mu.

 

Bagaimanapun keputusan kamu nanti, aku harap itu yang kamu inginkan dan tidak menjadikan kuliah itu sebuah beban. Nikmati dan pelajari banyak hal selagi kamu masih diberi kesempatan untuk berkuliah. Jangan kaya aku ya! Kuliahnya gitu-gitu aja, belum berkontribusi apapun hehe.. semoga kamu juga menjadi individu yang lebih baik setelah kamu belajar di perguruan tinggi nanti. See u on the top ya!!

0 Response to "Mau Kuliah, Tapi Bingung Pilih Jurusan? 4 Hal yang Perlu Kamu Pikirin Biar Gak Salah Jurusan!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel