-->

Destinasi Wisata yang Populer di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta


Siapa disini yang masih belum mengenal Jogja? Kota yang selalu padat dikunjungi para turis dikala musim liburan. Jogja adalah tempat kedua setelah Bali yang paling banyak digemari oleh penduduk local maupun luar. Kota yang istimewa ini, sampai kini masih memiliki keluarga kerajaan.

Keluarga kerajaan yang dipimpin oleh Sultan, sampai detik ini sangat dihargai dan disegani oleh setiap penduduk asli Yogyakarta. Keistimewaan lain dari Kota ini adalah banyaknya peninggalan bersejarah berupa candi-candi besar yang tersebar di wilayahnya. Candi di Yogyakarta bahkan masuk kedalam daftar situs warisan dunia.

10 Destinasi Wisata di Provinsi DI Yogyakarta

Selain kaya akan candi yang bersejarah, Yogyakarta juga menyimpan segudang kekayaan wisata lainnya yang perlu kamu ketahui, dan bahkan bisa di kunjungi. Wisata yang menawan dengan kuliner yang melimpah membuat Yogyakarta semakin menarik perhatian turis dari manca negara. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang harus kamu ketahui:

1. Candi Borobudur

Candi besar Budha yang masuk kedalam Warisan Dunia UNESCO. Candi terbesar dan terlengkap ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Selain tempat yang ikonik bagi Yogyakarta, Candi ini juga memiliki cerita mitos yang sangat kental. Dan bahkan terdapat beberapa teori konspirasi yang membahas candi ini.

2. Candi Prambanan

Berbeda dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan ini merupakan candi yang dipakai ibadah oleh umat Hindu. Candi yang terletak 17 km dari pusat Yogyakarta ini tidak kalah ramai dengan Candi Borobudur. Candi ini memiliki relief yang menceritakan kisah mengenai Ramayana dan Krishnayana.

3. Pantai Indrayanti

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Yogyakarta. Saat ini pantai Indrayanti cukup popular karena banyak orang yang berkunjung kesana. Dengan pasirnya yang cukup putih dan menawan, pemandangan yang indah dan fasilitas yang cukup lengkap membuat orang-orang semakin ingin tahu keindahan dari pantai Indrayanti ini.

4. Pantai Nglambor

Pantai ini sangat cocok untuk kegiatan snokerling lho. Tidak seperti pantai selatan lainnya, disini terdapat laguna dengan air yang cukup tenang. Kekayaan alamnya sangat bisa kita nikmati disini. Selain itu, terdapat juga spot yang unik untuk berfoto. Dan kamu juga bisa menyebrang pulau kecil melakui jembatan gantung yang disediakan. Bagaimana, seru kan ya?

5. Pantai Pok Tunggal

Pantai yang tak kalah menarik dan indahnya dengan pantai lain yang ada di Jogja. Meskipun fasilitasnya belum lengkap seperti pantai lainnya, tapi kamu sudah bisa menikmati bagaimana indahnya pantai ini

6. Jalan Malioboro

Jalan yang sangat terkenal di seanterio Yogyakarta ini menyuguhkan berbagai makanan khas daerah Jogja yang bisa kamu bawa untuk oleh-oleh. Banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakkan dagangannya. Mulai dari penjual makanan hingga pakaian, yang bisa dibilang relative murah lho. Mau siang atau malam, tetap saja jalan ini sangat ramai.

7. Pasar Beringharjo

Pasar yang terletak di jalan Malioboro ini, merupakan pasar tertua yang terkenal di Yogyakarta. Di dalam pasar banyak sekali para penjual yang menjual souvenir, batik, uang kuno, bahkan bahan jamu tradisional.

8. Benteng Vredeburg Yogyakarta

Benteng yang masih terletak di Jalan Malioboro ini merupakan benteng yang telah menjadi Museum. Benteng ini tepat berada di depan Gedung Agung. Pada waktu waktu tertentu, benteng ini juga dijadikan sebagai gedung penyelenggaraan pestival kebudayaan.

9. Museum Ullen Sentalu

Museum yang terletak di jalan Boyong KM 25 Kaliurang  Barat, Sleman Yogyakarta. Tempat wisata yang luasnya sekitar 1,2 hektar ini memiliki suhu udara sekitar 15-20 derajat celcius. Museum yang unik ini wajib kamu kunjungi ketika berada di Yogyakarta.

10. Keraton Yogyakarta

Keraton merupakan salah satu bangunan bersejarah dari Kesultanan Yogyakarta yang ditempati oleh Sultan dan keluarganya. Di dalam keraton ini juga terdapat museum yang memamerkan benda-benda milik Sultan. Mulai dari benda rumah tangga hingga hadiah dari raja Eropa.

0 Response to "Destinasi Wisata yang Populer di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel