-->

Destinasi Wisata Unik dan Keren di Aceh


Nangroe Aceh Darussalam atau dikenal dengan sebutan Aceh merupakan provinsi yang ada di ujung pulau Sumatera. kota Yang dipanggil serambi Mekkah ini ternyata mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa sehingga akan membuat kita terkagum-kagum.

Meskipun pernah mengalami tsunami yang sangat hebat pada tahun 2004 yang memporak-porandakan keindahan Aceh, namun kini semuanya sudah kembali normal dan bahkan menjadi lebih indah karena dikelola dengan baik, termasuk tempat wisatanya.

Destinasi Wisata Unik dan Keren di Aceh

Untuk kamu yang mau traveling, atau liburan karena sudah terlalu lama di rumah. Ini nih ada rekomendasi Wisata yang bisa kamu kunjungi di Aceh. Yuk simak 10 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Aceh:

1. Museum Tsunami Aceh


Tsunami yang pernah terjadi di Aceh merupakan hal yang dahsyat sekaligus menyedihkan bagi mereka yang kehilangan keluarganya. Sehingga untuk mengenang peristiwa besar tersebut pemerintah Aceh membuat satu museum bertema Tsunami yang ada di Aceh.

Di dalam museum itu terdapat lorong yang berisi percikan air, dan suara gemuruh. Supaya jika orang-orang yang melewati lorong ini mereka akan merasakan gambaran seperti apa Tsunami pada waktu itu. Lalu  ada banyak barang-barang sisa Tsunami, seperti sepeda. Karena banyak hal yang unik di museum ini, sehingga menarik perhatian para wisatawan.

2.  Masjid Raya Baiturrahman


Di posisi ketiga ini, merupakan salah satu hasil peradaban dan peninggalan Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 yang telah menjadi ikon bagi Aceh. Bangunan putih yang begitu Megah dengan Kubah berwarna hitam dikelilingi oleh 7 menara. Dan di halaman depan terdapat kolam besar dengan pancurannya, yang membawa kita pada ingatan Taj Mahal di India.

Bahkan situs Huffington, memasukkan Masjid Baiturrahman ini kedalam daftar 100 masjid terindah di dunia. Sedangkan Yahoo! Menyebutkan bahwa masjid ini merupakan salah satu dari 10 daftar masjid terindah di dunia. Tentunya sebagai seorang ummat muslim kita harus merasa bangga, khususnya masyarakat Aceh.

3. Pantai Lampuuk


Tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di bali. Ternyata Aceh juga mempunyai pantai kuta versi Acehnya loh. Nama Asli dari Pantai ini adalah pantai Lampuuk. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 5 km dari selatan ke utara. Banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari berselancar, berenang, berjemur dan juga bermain di pinggir pantai.

Selain pemandangannya yang indah, ternyata ada satu hal lagi yang menarik dari pantai ini, ada yang tau gak? Ya betul, itu adalah upaya pelestarian Penyu. Anda bisa ikut melepas tukik ke laut lepas. Kayanya seru ya? Liburan tapi tetap melestarikan alam.

4. Air Terjun Blang Kolam


Disini kamu bisa melihat pemandangan yang menakjubkan, yakni air terjun kembar dengan tinggi 75 m dan dikelilingi dengan pepohonan yang rindang. Gimana? Kebayang gak? Di kolam air terjun ini diperbolehkan untuk berendam, bermain air atau hanya bersantai di tepi kolamnya.

Kalau memungkinkan, kamu harus coba untuk berkemah di tempat ini, karena udaranya yang segar dan pemandangan yang sangat bagus sehingga ketika kamu membuka mata, maka akan disuguhkan keindahan alam ini. Dan harganya cukup murah yaitu 5.000 rupiah. Tetapi kalau kamu sekedar berkunjung, kamu hanya membayar 2.500 rupiah. Murah bukan?

Baca Juga Tempat Wisata yang Menarik dan Indah di Nusa Tenggara Timur

                Wisata Bangka Belitung yang Sangat Indah dan Menakjubkan

5. Air Terjun Suhom


Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berada di Desa Suhom, Kecamatan Lhong, Aceh Besar. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin merasakan sejuk dan sepinya pedesaan. Tetapi untuk sampai ke tempat ini tidaklah mudah. Kamu harus melewati jalan yang naik turun dan melewati beberapa monyet yang turun ke jalanan untuk meminta buah-buahanserta makanan ringan.

Tinggi dari air terjun ini adalah 50 m, dan terbagi menjadi 3 tingkat, namun yang bisa dipakai hanyalah tingkat satu. Karena tingkat dua dan tingkat tiga terdapat pembangkit listrik bertegangan tinggi.

Tetapi jika kamu ingin berenang, ada ko telaga dibawah air terjunnya, disana kamu bisa berenang sepuasnya. Tapi tetap harus berhati-hati karena telaga ini sedalam 2 meter.

6. Pantai Lhoknga


Pantai Lhoknga tidak terlalu jauh dari pantai Lampuuk yaitu sekitar 20 km dari Banda Aceh. Tetapi disini lebih banyak pohon yang rindang, sehingga ketika cuaca panas kamu bisa berteduh dibawahnya. Dan pantainya pun sangat bagus sehigga kamu bisa bersantai dan berjemur disana karena memiliki pantai yang luas dan landai.

Namun jika terasa masih kurang kamu bisa mencoba berselancar, karena ombak disana lumayan tinggi yaitu sekitar 1,5- 2 meter. Selain itu kamu juga bisa melihat sunset yang bagus.

7. Pantai Ulee Lheue


Gimana ya cara baca nama pantai ini? Wisaata ini terletas sejauh 3 km dari pusat kot Banda Aceh. Terpatnya ada di kecamatan Meuraxa. Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga kegiatan yang paling banyak dilakukan adalah memancing. Kalau kamu kurang suka memancing, kamu bisa mencoba untuk menyewa perahu nelayan dan mencoba berkeliling di lautannya.  

 

0 Response to "Destinasi Wisata Unik dan Keren di Aceh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel