-->

Awal Mula Konflik Afghanistan dengan Taliban: Berjuang demi mengusir Uni Soviet


Ketika afghanistan masih dijajah oleh Uni Soviet maka pemerintahan yang sah dan organisasi lain yang ada di Afghanistan melakukan kerjasama supaya bisa mengusir Uni Soviet dari negaranya. Sehingga dibentuklah misil-misil seperti Taliban dan Al-Qaada. 

Pada akhirnya Afghanistan berhasil mengusir Uni Soviet dari Negaranya. Tapi ternyata kebahagiaan mengusir penjajah hanyalah kebahagiaan sesaat yang dirasakan oleh masyarakat Afghanistan. setelah selesai, akhirnya Taliban ingin menguasai Afghanistan dan menghidupkan Hukum Islam yang sah di negaranya. 

Taliban merupakan warga Afghanistan dari suku Pasthun, dan mereka merasa bahwa mereka harus memiliki kekuasaan supaya bisa menegakkan hukum Islam. Sehingga berbagai cara mereka lakukan untuk  bisa menguasai Afghanistan.

Pendapatan mereka untuk menggulingkan pemerintahan yang sah itu dari penjualan opium. karena banyak pakar yang menyebutkan bahwa Taliban ini merupakan organisasi terbesar penghasil Opium di Dunia. namun mereka menghiraukan labeling tersebut, karena tujuan awalnya adalah menegakkan hukum Islam.

Sehingga pemerintah AS yang pada waktu itu merasa bahwa Teroris terbesar adalah Taliban, mereka membantu Afghanistan untuk memerangi Taliban. Selama 20 tahun lebih mereka berperang, namun pada akhirnya Taliban yang berhasil menguasai Afghanistan. 

Pada tahun 2021 tepatnnya pada pertengahan agustus, pemerintah AS menarik mundur pasukannya supaya menyerang Taliban lagi. hal ini membuat warga lokal khawatir, sehingga banyak dari mereka yang ikut mengungsi ke pesawat Tempur milik AS. Bahkan Ahraf Ghani selaku presiden yang sah di Afghanistan pun ikut melarikan diri. 

Begitulah cerita singkat dari awal mula konflik yang terjadi antara Afghanistan dengan Taliban. 

Baca juga Walikota Perempuan Afhganistan yang menunggu dibunuh Taliban

0 Response to "Awal Mula Konflik Afghanistan dengan Taliban: Berjuang demi mengusir Uni Soviet"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel